Selasa, 03 Mei 2016

Pesan untuk Para Penjelajah


Bagi para penjelajah..
Pasti kamu-kamu sangat ingin perjalananmu menjadi sesuatu yang berkesan dan unfogattable. Kemudian senantiasa terkenang dalam memori meski sudah terjadi beberapa tahun atau bahkan beberapa abad silam. Tidak cukup terkenang, perjalanan itu bahkan memberimu sebuah hadiah istimewa berupa pelajaran kehidupan yang begitu indah. Betul? Betul? Betul?
Oke, jika jawabanmu iya, kita lanjut lagi ke pertanyaan selanjutnya; atau anggap saja jawabanmu iya. Siip, next -->
Menurutmu, apa yang paling berkesan dari sebuah perjalanan?
Apakah jika perjalanan itu dilakukan di lokasi yang memiliki view super indah?
 Apakah jika selama perjalanan disediakan fasilitas yang komplit, nomor wahid dan kualitasnya siip?
Ataukah malah jika perjalanan itu tidak mengeluarkan budget banyak, bahkan nyaris tanpa biaya pengeluaran?
Apakah jika perjalanannya dilakukan dalam rentang waktu yang sangat lama?
Ataukah malah jika perjalanan itu dilakukan dalam waktu yang sangat singkat?
Apakah jika perjalanan itu dilakukan bersama person-person yang spesial?
Hmm... sudah banyak sekali ya optionnya? Baiklah, agar tidak buang-buang waktu, kita coba langsung jawab saja ya. -atau anggap saja jawabanmu iya. -atau anggap saja jawabanmu iya.
Relatif.
Itulah kata yang sedari tadi ingin saya tuliskan. Sobat semua pasti tahu maksud dari kata relatif. Betul? Betul? Betul?
Yups, sebuah perjalanan itu berkesan atau tidak; seru atau tidak; luar biasa atau tidak; penuh hikmah atau tidak; edukatif atau tidak; semua itu relatif. Tergantung pada presepsi kamu-kamu yang mengalami dan menjalaninya. Tidak perlu tempat yang view-nya luar biasa indah. Tidak perlu fasilitas perjalanan yang nomor wahid yang komplit. Tidak perlu budget yang menguras habis dompet. Tidak perlu partner yang istimewa dan luar biasa. Tidak perlu waktu yang begitu lama hingga kita merasa sangat puas atau bahkan hingga merasa bosan. Semua itu tidak perlu, sangat tidak perlu.
Mengapa? Sekali lagi, yakni karena baik tidaknya sebuah perjalanan itu relatif. Tergantung presepsi siapa yang melakukan dan menjalaninya. Jika kamu-kamu menjalani perjalanan itu dengan hati riang dan gooodmood, niscaya perjalanan itu akan menjadi perjalanan yang berkesan dan unforgatable. Jika nyatanya perjalananmu itu tidak berjalanan dengan mulus, setidaknya dirimu sendiri dapat membuat perjalanan itu menjadi menarik dan asyik dan edukatif.
So, jika kamu-kamu mau melakukan perjalanan, pastikan dirimu sendiri mampu membawa suasana menjadi bahagia. Tidak sulit kok, yakin J. Agar uang, tenaga dan waktu yang kamu habiskan tidak terbuang begitu saja.
Itu sedikit tips dari saya.
Bila kiranya tidak penting, abaikan saja. Namun saya harap, tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu-kamu yang sudah merekalan waktu untuk membaca.

Terimakasih sudah membaca ^_^

0 comment:

Posting Komentar

Dengan senang hati kami menerima komentar dari para pembaca yang terhormat.
Komentar yang diberikan merupakan sebaik-baiknya masukan untuk blog ini kedepannya.

 

Catatan si Pengelana Template by Ipietoon Cute Blog Design